pantai serui, papua

pantai serui, papua

Jumat, 28 November 2014


Software SURFER 9

  • Surfer adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan peta kontur dan pemodelan tiga dimensi yang berdasarkan pada grid. Perangkat lunak ini melakukan plotting data tabular XYZ tak beraturan menjadi lembar titik-titik segi empat (grid) yang beraturan.
  • Grid adalah serangkaian garis vertikal dan horisontal yang dalam Surfer berbentuk segi empat dan digunakan sebagai dasar pembentuk kontur dan surface tiga dimensi. Garis vertikal dan horisontal ini memiliki titik-titik perpotongan. Pada titik perpotongan ini disimpan nilai Z yang berupa titik ketinggian atau kedalaman.
  • Gridding merupakan proses pembentukan rangkaian nilai Z yang teratur dari sebuah data XYZ. Hasil dari proses gridding ini adalah file grid yang tersimpan pada file .grd.
  • Untuk keperluan pemantauan udara, software ini bisa digunakan pada perkiraan pola penyebaran pencemar dari sumber emisi tidak bergerak ( cerobong industri) terhadap lingkungan.
  • Kami coba tampilkan salah satu pemanfaatan software ini pada data berikut 
Sebaran emisi berdasarkan jarak paparan dari sumber emisi (Sourceke arah down wind dengan persamaan dispersi gaussian
Gambar : Peta lokasi  emisi Source ( Industri di Majalaya)  dan Kontur Isopleth
Sumber : Surfer 9,0
                          

Contoh Perkiraan Pola penyebaran pencemar dari salah satu sumber emisi tak bergerak di wilayah Majalaya   Kabupaten Bandung. Pada pemetaan sebaran digunakan bantuan Software Surfer 9.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar